Manfaat lompat jauh

Untuk mengenal teknik lompat jauh gaya dengan benar, maka atlet harus melakukan latihan yang intensif. Atau atlet dapat melakukan awalan lari sejauh 10 meter, dilanjutkan dengan tolakan kuat, melayang dengan rileks dan mendarat di bak pasir dengan kaki dan tangan di arah depan.

Sehingga saat atlet sudah dekat dengan tumpuan, maka pengendalian tersebut adalah dengan melakukan kendali dari kecepatan gerakan horisontal menuju kecepatan gerakan vertikal dengan menggunakan langkah terakhir yang lebih pendek.

Tumpuan bisa dilakukan menggunakan kaki kanan atau kiri tergantung dari bagian kaki pelompat yang paling kuat dan paling nyaman untuk digunakan. Gerakan awalan yang dilakukan adalah lari kecil atau lari dengan kecepatan tinggi.

Manfaat Lompat Jauh Untuk Kesehatan

Hal ini tergantung dari pengalaman, teknik lari jarak pendek dan tingkat pengkondisian dari masing-masing atlet. Karena memang gaya ini memiliki fungisi untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal dan kemampuannya untuk dilakukan di jarak jauh dari jarak 40 hingga jarak 45 m, pada lintasan yang telah ditentukan penggunaannya untuk area lompat jauh.

Tolakan Dalam melakukan tolakan sendiri tentu saja juga mempunyai berbagai manfaat yang dapat kita ambil untuk menyehatkan badan kita serta dapat membuat otot kaki kita keliatan menjadi sangat kuat. Gerakan harus dilakukan dengan kecepatan dan kekuatan maksimal. Dikarenakan tentu saja terkendala pada lapangan yang harus disediakan untuk melakukan olahraga ini, juga olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang biasanya hanya diperlombakan dan untuk sekolah hanya untuk pengambilan nilai saja, jadi untuk sekarang ini masih jarang masyarakat yang melakukan olahraga ini.

Selain tumpuan, atlet juga perlu berkonsentrasi pada keadaan posisi tubuh yang benar di mana tubuh berada dalam keadaan tegak dan menggerakan pinggul kea rah depan dan atas untuk mendapat jarak lompatan yang maksimal dari papan tolakan ke pendaratan di bak pasir.

MAKALAH OLAHRAGA LOMPAT JAUH

Berikut ini adalah 3 macam gaya dalam lompat jauh dan penjelasannya. Lompat jauh merupakan olahraga yang sudah ada sejak Olimpiade Kuno dan selain itu juga menjadi olahraga yang diperlombakan di Olimpiade Modern sejak tahun untuk pria dan tahun untuk wanita.

Dan jika bergerak ke belakang tentu jarak lompat akan berkurang. Kesempurnaan pendaratan harus dilakukan oleh para atlet agar tidak menimbulkan kesalahan yang menyebabkan diskualifikasi atau kesalahan yang dapat memperpendek hasil jarak lompatan.

Pada saat memulai awalan harus dengan lari yang pelan dan kemudian perlahan mempercepat laju lari. Dengan berlari maka tubuh para atlet akan lebih hangat, menjadi lebih stabil dalam melakukan proses berikutnya yaitu proses tolakan.

Saat melayang di udara Untuk manfaat ketiga yang dapat kita ambil adalah pada saat kita melayang di udara, tentu saja dalam hal ini perlu kekuatan yang lebih untuk mempertahankan diri kita agar bisa lebih lama melayang dan mencapai target yang maksimum sesuai dengan kemampuan yang telah kita punyai disertai dengan teknik yang mumpuni.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada gaya berjalan di udara adalah kecepatan, akselerasi, ketepatan waktu, dan energi disaat melakukan awalan sebelum melakukan lompat jauh di atas balok tumpuan.

Dua langkah terakhir sangat penting karena gerakan ini menentukan kecepatan dimana pesaing akan memasuki lompatan atau tumpuan persiapan gerakan melayang. Lalu saat pendaratan maka akan diawali dengan digunakannya tumit kaki yang sedikit ditekuk untuk awalan pendaratan.

Ayunan kaki Pada saat melakukan tolakan, atlet akan secara aktif mengayunkan kaki sesuai dengan gaya yang digunakan tepat sebelum melakukan dorongan penuh dan jatuh ke bak pasir.

3 Jenis Gaya dalam Lompat Jauh

Sebagai pemanasan singkat sebelum melakukan tolakan Manfaat awalan pada lompat jauh juga dapat berperan sebagai pemanasan singkat, sebelum melakukan tolakan.Lompat Jauh – Pengertian Lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh-jauhnya dalam bak fauguet-cousinard.com: [email protected] Manfaat Makalah ini diharapkan dapat berguna: 1.

Sebagai masukan bagi guru-guru penjaskes dan pembina maupun pelatih olahraga dalam upaya memberikan latihan fisik khususnya untuk meningkatkan kemampuan power dalam lompat jauh 2. Sebagai langkah awal bagi pengembangan dan peningkatan proses belajar untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh.

3. Sebagai bahan referensi pada. Manfaat awalan pada lompat jauh adalah untuk mencapai kecepatan maksimum, dari seorang atlet ketika akan melakukan tolakan. Dengan adanya kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh atlet dalam awalan, maka kekuata dalam menolak pun akan menjadi lebih besar.

Hal ini berpengaruh pada hasil dari lompat jauh. Lompat jauh sendiri jarang sekali menjadi permainan yang dimainkan oleh masyarakat biasanya ketimbang dengan permainan sepak bola, voli, basket, tenis maupun yang lainnya.

5 Manfaat Awalan pada Lompat jauh

Dikarenakan tentu saja terkendala pada lapangan yang harus disediakan untuk melakukan olahraga ini, juga olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang biasanya hanya diperlombakan dan untuk sekolah hanya .

Manfaat lompat jauh
Rated 0/5 based on 46 review